Monday, July 25, 2011

What is your social media?

        "eh, twitter lo apa?" ] "@adadeh follow ya!" ] "gw @adajuga follow back juga ya"
        "kalo, google+ ada?" ] "belom, invite ya" ] "ok, gw masukin circle friends ya"


    Buat para social media mania pasti udah gak asing lagi dengan percakapan seperti itu, nah pada senyum-senyum sendiri kan. Kali ini gue akan menulis tentang social media yang saat ini sedang digandrungi oleh sebagian besar masyarakat Indonesia dan sedikit kilas balik dari social media jaman dulu kala aka jadul.
    Masih inget kan sama jaman smp atau sma dulu bales-balesan testimonial di friendster atau sekedar iseng-iseng nambah temen di liveconnector, langsung inget dah kenangan jaman dulunya. Berikut ini daftar social media / social networking dari tahun 2000-an awal sampe sekarang.

       1. Friendster, lahir tahun 2002 mulai terkenal di Indonesia tahun 2004 dikalangan anak muda Indonesia.    Gue sendiri punya akun yang terdaftar sejak tahun 2005, hehe dulu lagi trend-trendnya friendster. Sekarang sudah mulai ditinggalkan karena kalah bersaing dengan social media lainnnya.
       2. Liveconnector, lahir tahun 2005 dan yang bikin adalah orang Indonesia loh *googling aja. Gue juga punya akun yang daftarnya tahun 2006 tapi sekarang gak tau deh soalnya lupa passwordnya. Nasibnya sekarang ya gitu lah kalah saing sama yang lain dan mungkin mulai dilupakan kali.. :p
       3. Facebook, kalo social media yang satu ini masih menjadi rajanya, hampir sebagian besar masyarakat Indonesia kenal sama yang namanya Facebook. Terkenal di Indonesia kalo gak salah tahun 2007 awal gue sendiri daftar tahun 2008. Walaupun masih menjadi social media no 1 tetapi banyak juga member dari facebook yang merasa bosan atau jenuh dengan fitur-fiturnya, sehingga mengurangi jam mereka berfacebookan. *meski tetep main :p kayak gue
       4. Twitter, kalo ini yang sedang populer di masyarakat Indonesia mungkin karena belum terlalu lama dan memiliki perbedaan cara menggunakan sehingga orang-orang tertarik. Terkenal di Indonesia tahun 2009 akhir gue sendiri mendaftar tahun 2011 awal jadi terbilang masih nubie kali ya..haha. Social media no 2 setelah FB, dan mungkin bisa menyusul nantinya. Indonesia sendiri negara dengan pengguna twitter yang cukup banyak, gue gak tau tepatnya berapa tapi mungkin yang kedua setelah amerika. hoho..Indonesia gitu loh.
       5. Google+, ini dia social media yang baru saja di launching oleh google. Bulan Juli 2011 ini adalah resmi peluncurannya dengan masih terbatas hanya orang yang di invite yang bisa bergabung, tetapi sekarang sepertinya sudah rilis untuk umum. Jangan ditanya ya, gue sendiri sudah punya akun google+ di invite oleh teman. hehe.. Menurut google, social media ini dibuat untuk menandingi dominasi Facebook. Hingga saat ini penggunanya mungkin sudah berjumlah 15 juta orang lebih diseluruh dunia, ya mungkin saja bisa menyaingi FB kita lihat saja nanti. XD

   Sebenarnya masih banyak social media lainnya yang belum gue sebutin tapi itu adalah yang paling mendominasi saat ini selain friendster dan liveconnector karena memang sudah ditinggalkan. Selamat bersocial media tapi ingat jangan lupa waktu dan secukupnya. ok!

No comments: